9/30/15

Prinsip Blogging yang Wajib Anda Ketahui !

Bukan hanya prinsip hidup ada, dalam dunia blogging juga memiliki prinsip yang sangat diharuskan dimiliki oleh setiap blogger, lantas apa saja prinsip blogging itu ? Mari simak artikel kali ini.


Blogger pada umumnya adalah aktivitas menulis artikel atau karya tulis bagi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain. Banyak blogger diluar yang sudah mengetahui ini sebelumnnya, namun apakah anda pernah berfikir bahwa blogging itu sendiri harus kita terapkan suatu prinsip agar rencana blogging kita tidak gagal mendapatkan pengunjung paling tidak.

Ada banyak prinsip dalam blogging, namun pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan yyang terpenting. Berikut prinsip-prinsip tersebut,

1. Berbakat dalam Menulis
Menulis saja tidak cukup dalam blog, anda diharuskan memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi dalam menciptakan karya tulis yang mungkin saja bermanfaat bagi para pembaca blog anda. Buatlah kerangka tulisan yang jelas disebuah kertas, kemudian posting ke blog anda. Belajarlah menulis dengan baik disertai memiliki makna yang baik pula, hindari kata-kata yang sulit dimengerti pembaca, dan jika ada, berikan penjelasan kata tersebut.

2. Menyelesaikan tulisan dengan singkat.
Mungkin ide dalam tulisan itu sangat sulit dilakukan, apalagi bagi seorang pemula. Namun jangan khawatir, karena apapun yang anda tulis itu, baik dari pengalaman pribadi, hasil diskusi dari teman-teman atau dari referensi tulisan, akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan blog anda nantinya, Usahakan menyelesaikan sebuah tulisan terlebih dahulu, kemudian mulailah tulisan yang baru.
Usaha menunda-nunda dalam menulis itu sangat tidak efesien bagi anda, karena beban anda menulis akan semakin berat dengan tulisan-tulisan yang belum siap (masih setengah jalan).

3. Mengajak pengunjung untuk bertanya
Poin ini sangat berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung terhadap loyalitas mereka terhadap blog anda. Apapun artikel yang anda sajikan kepada pembaca, hendaklah mengajak mereka untuk bertanya atau paling tidak memberikan saran dan masukan. Hal ini selain meningkatkan kepopuleran blog anda juga secara otomatis para pengunjung akan membuka terus blog anda, apalagi bila mereka bertanya hal-hal yang penting, sehingga mereka akan menunggu jawaban anda.

4. Merasa lebih dekat dengan pengunjung
Mungkin secar tidak kita sadari, dengan menciptakan blog yang bermanfaat, akan mendatangkan penggemar anda loh. Namun mungkin hal ini terjadi bila anda benar-benar membuat artikel yang bermanfaat bagi para pengunjung. Dengan mendekatkan diri dengan pengunjung, blog anda akan populer bagi sebagian besar pengunjung. Berikanlah link akun jejaring sosial anda di blog, dan jika perlu buatlah fanspage atau grup yang memudahkan mereka untuk mengenal anda secara lengkap.

5. Kegiatan Blog = Menambah Teman
Ini kelanjutan dari poin sebelumnya, jika anda memiliki blog sudah tentu anda selayaknya mendapatkan teman yang sangat potensial bagi kinerja atau kelangsungan blog anda. Bilamana anda sibuk dalam penyelesaian blog lain, anda dapat mengajak teman untuk menyempatkan waktu mereka untuk menulis di blog anda, hal ini akan dijelaskan di poin terakhir.

6.  Ajakan untuk Menulis
Lupakan mengenai dampak dari penghasilan anda, karena dengan mengajak pengunjung untuk menulis diblog anda, secara otomatis blog anda akan menjadi ramai. Seperti halnya dengan MLM, anda memiliki jaringan yang sangat kuat didalam blog anda, sehingga tidak memungkinkan blog anda akan populer dan terkenal dalam jangka waktu yang sangat lama.

Demikian artikel yang sederhana ini yang membahas tentang Prinsip Blogging, apabila ada tambahan silahkan ditambah, dan semoga bermanfaat.